Kisah Hidup Utsman ibn Affan

7858761

Penulis: Musthafa Murad

Penerjemah: Khalifurrahman Fath

ISBN:9789790241374

Ukuran: 15 x 23 cm

Halaman: 306 hal. HVS

Terbit: Februari 2009

“Ustman memiliki banyak watak yang penuh dengan kebaikan dan harga diri. Dari pribadinya memancar bau semerbak kasih sayang di mana pun Anda menjumpainya.” Syekh Khalid Muhammad Khalid

Utsman sedang membaca Al-Quran ketika beberapa orang merangsek memasuki kamarnya. Kitab suci itu tampak terbuka di hadapannya. Ia membacanya dengan khusyuk dan suara bergetar. Tidak keras, pun tak terlalu pelan. Para durjana itu memaksa Utsman menghentikan ngajinya. Tiba-tiba salah seorang meloncat ke hadapan Utsman dan berteriak, “Antara aku dan engkau ada Kitabullah,” seraya menebaskan pedang. Utsman menangkis sabetan itu hingga tangannya terbabat putus. Darah mengucur membasahi mushaf di hadapan Utsman, tepat mengenai firman Allah Swt.: Maka Allah akan memeliharamu dari mereka, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui …(al-Baqarah: 137).

Dan terjadilah fitnah besar yang dinubuatkan Rasulullah saw.: “Wahai Utsman, jika Allah memberikan kepemimpinan ini kepadamu suatu hari nanti, lalu orang-orang munafik menginginkanmu menanggalkan pakaian yang dikenakan-Nya kepadamu, jangan pernah kaulepaskan ….”

Utsman mengikuti nasihat Nabi. Ia pegang teguh ucapan beliau sehingga tak sedikit pun tebersit rasa takut, benci, atau marah saat para pemberontak mengepung rumahnya, menghentikan pasokan air dan makanan bagi keluarganya, hingga akhirnya menerobos rumahnya dan membunuhnya.

Dialah dzû al-nûrayn—pemilik dua cahaya, orang yang pernah berhijrah dua kali sekaligus suami dari dua putri Rasulullah. Dialah khalifah yang lembut, penyabar, sangat santun, dan super dermawan. Dialah sahabat Rasulullah yang sangat pemalu hingga para malaikat pun merasa malu kepadanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s